Babinsa Pakis Hadiri Nyadran Gunung Balak

    Babinsa Pakis Hadiri Nyadran Gunung Balak
    Serda Sarif Bahaudin Babinsa Koramil 08/ Pakis Menghadiri Kegiatan Nyadran Bersama Warga Masyarakat Di Wilayah

    MAGELANG, - - Minggu (07/8/2022) Babinsa Pakis Koramil 08 Kodim 0705/Magelang Serda Syarif Bahaudin bersama rekan rekan Anggota mengikuti kegiatan Nyadran bertempat di Petilasan Syech Subakir tepatnya di puncak gunung Balak Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang.

    Serda Syarif Bahaudin menjelaskan Nyadran di Guning Balak merupakan tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat Desa Pakis secara turun temurun setiap hari Minggu Kliwon dibulan Syuro / Muharam, Tradisi ini merupakan hasil akulturasi budaya Jawa dan Islam. "Kata Nyadran berasal dari bahasa sanskerta Sraddha yang berarti keyakinan" jelasnya.

    Menurutnya, Nyadran Gunung Balak dilaksanakan dengan tujuan untuk menghormati para leluhur dan mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Nyadran menjadi acara yang penting bagi masyarakat Desa Pakis dan hampir tidak pernah terlewat.

    "Acara Nyadran terdiri dari serangkaian kegiatan, yaitu upacara pembersihan makam, tabur bunga, dan acara selamatan atau bancakan, masing-masing daerah memiliki cara yang berbeda dalam mengadakan acara Nyadran, begitu juga yang dilaksanakan di Desa Pakis hari ini” terangnya.

    Masih kata Syarif, acara Nyadran di awali oleh kegiatan khas yaitu membersihkan makam para leluhur, Melalui kegiatan tersebut diharapkan rasa gotong-royong dalam kehidupan bermasyarakat akan semakin meningkat. Masyarakat membersihkan makam sambil membawa sadranan yang terdiri dari nasi, sayur, dan lauk pauk yang diletakkan dalam sebuah keranjang.

    "Dalam kegiatan Nyadran kali ini di Hadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magelang, Plt Camat Pakis, Kades dan Para tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Tokoh Adat. ” pungkasnya.

    Pen: 0705/ Mgl

    Rony

    Rony

    Artikel Sebelumnya

    Babinsa Aktif Dalam Pendampingan Bulan Imunisasi...

    Artikel Berikutnya

    Kegiatan Non Fisik Masyarakat Tidar Dudan...

    Berita terkait